phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Wamentan RI: Terdapat Gap yang Besar Antara Peternak dan Industri Pengolah Susu

 
Wamentan RI: Terdapat Gap yang Besar Antara Peternak dan Industri Pengolah Susu
Dalam rangka menyambut Hari Susu Nusantara, FOODREVIEW INDONESIA bekerja sama dengan SEAFAST Center IPB kembali menyelenggarakan Seminar bertajuk “Update on Dairy Industry” di IPB International Convention Center Bogor, 21 Juni.  Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pertanian RI -Dr. Rusman Heriawan mengungkapkan bahwa produksi dan konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah.  “Saat ini konsumsi susu di Indonesia adalah 11 liter/kapita/tahun.  Artinya, rata-rata konsumsi susu perorang hanya 5 tetes tiap harinya,” tutur Rusman.  Lebih lanjut ia menambahkan, walau sangat rendah, ternyata produksi susu di Indonesia belum bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri.  Indonesia masih harus mengimpor sekitar 70-75% susu.Rusman juga mengingatkan, bahwa dalam penyediaan susu ini terdapat dua segmen yang memiliki gap besar, yakni peternak sapi yang umumnya skalanya cukup kecil dan industri pengolah susu yang umumnya skalanya cukup besar.  “Gap tersebut harus diperkecil, terutama menyangkut pengetahuan.  kami mengharapkan agar terjalin pola kemitraan yang sehat,” kata Rusman.

 

Sementara itu, Direktur Magister Pascasarjana Magister dan Bisnis IPB -Dr. Arief Daryanto, mencatat terdapat beberapa faktor kunci yang dapat mendorong pertumbuhan industri susu.  Faktor tersebut antara lain peningkatan pendapatan, diversifikasi produk susu yang memiliki nilai tambah, tren terhadap produk ready to eat/drink, perbaikan teknologi, peningkatan kesadaran terhadap gizi, dan import substitution atau ekspor.

 

Dalam seminar tersebut, juga hadir beberapa pembicara lainnya, diantaranya adalah Ika Jatmika (Nielsen Indonesia), Prof. Purwiyatno Hariyadi (SEAFAST Center IPB), Dr. Ratih Dewanti Hariyadi (SEAFAST Center IPB), Prof. Deddy Muchtadi (Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB), Dr. Rarah Ratih Adjie Maheswari (Fakultas Peternakan IPB), Dr. Nuri Andarwulan (SEAFAST Center IPB), dan Dr. Lilis Nuraida (SEAFAST Center IPB).  Materi presentasi seminar dapat didownload disini. @hendryfri

 

Wamentan RI: Terdapat Gap yang Besar Antara Peternak – foodreview

 

No Responses to “Wamentan RI: Terdapat Gap yang Besar Antara Peternak dan Industri Pengolah Susu”

 

Leave a Reply