phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Lokakarya APEC Bahas Rencana Aksi Ketahanan Pangan

 

Bogor-September. Kementerian Pertanian telah menyelenggarakan lokakarya APEC berjudul “The Potencial of Local Source and Establish Network Among Research Center on Food Diversification” pada tanggal 20 September 2012 bertempat di Bogor, Indonesia. Pelaksanaan workshop ini merupakan tindak lanjut komitmen Indonesia terhadap Rencana Aksi Ketahanan Pangan yang dideklarasikan pada Pertemuan Tingkat Menteri Pertanian APEC di Niigata, Jepang tahun 2010.

Lokakarya yang secara resmi dibuka oleh Menteri Pertanian beberapa waktu lalu di Bogor ini, memiliki tujuan untuk mendiskusikan konsep pembangunan berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal dan mempromosikan sektor pertanian sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat; mendiskusikan tentang identifikasi dan seleksi pangan lokal sebagai pelengkap dan pengganti pangan strategis, serta memperluas penelitian dan pengembangan teknologi pengolahan termasuk pemanfaatan teknologi pertanian berkelanjutan; mendiskusikan kerjasama antar pusat penelitian dan kemitraan antara pemerintah dan swasta di wilayah APEC; dan membahas berbagai upaya untuk mengurangi tekanan di pasar pangan dunia.

Sesi Pertama lokakarya membahas Potensi dan Permasalahan Pengembangan Pangan lokal dalam Penguatan Ketahanan Pangan dan Gizi, dengan menghadirkan pembicara Kepala Badan Ketahanan Pangan, Prof. Dr. Achmad Suryana dan narasumber dari Food and Agriculture Organization (FAO) untuk Kawasan Asia dan Pasifik, Ms. Nomindelger Bayasgalanbat. Sesi Kedua lokakarya membahas Pengembangan Industri Pangan Nasional sebagai Strategi Diversifikasi Pangan, dengan pembicara Direktur SEAFAST Centre IPB, Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi dan Deputy Director of Agricultural Research and Extention Station, Chinese Taipei, Dr. Te-Chen Kao.

Sesi Ketiga mengangkat aspek pemantapan kerja sama antara lembaga penelitian di ekonomi APEC untuk pengembangan diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, dengan pembicara Direktur UN-CAPSA ESCAP, Dr. Katinka M. Weinberger dan Kepala Badan Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Kementerian Pertanian, Dr. Kasdi Subagyono. Sementara Sesi terakhir membahas tentang pendekatan diversifikasi pangan untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan dari perspektif internasional dan nasional, dengan pembicara Dr. Kiyoshi Taniguchi, pakar dari World Bank, dan Prof. Dr. Masyhuri, pakar dari Universitas Gadjah Mada.

Lokakarya ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan Indonesia sejak berakhirnya Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC (APEC Economic Leaders Meeting) pada tanggal 8 – 9 September 2012 di Vladivostok, Rusia yang juga merupakan momentum peralihan dari Keketuaan APEC Rusia pada tahun 2012 kepada Keketuaan APEC Indonesia pada tahun 2013.

Penyelenggaraan serta tema lokakarya ini sejalan dengan tema utama Keketuaan APEC Indonesia 2013 yaitu “Resilience Asia Pasifik, Engine of Global Growth”, dalam upaya menciptakan ketahanan ekonomi di kawasan Asia Pasifik sebagai motor pertumbuhan global dalam menghadapi tantangan global, antara lain pemenuhan ketahanan pangan dan energi, melalui kerja sama APEC. Selain itu, salah satu topik pembahasan lokakarya yakni konsep pembangunan berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal dan mempromosikan sektor pertanian sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga sejalan dengan salah satu prioritas Keketuaan APEC Indonesia dalam upaya mencapai pertumbuhan berkelanjutan yang berpangkal pada kesetaraan (sustainable growth with equity).

Oleh karena itu, upaya pencapaian ketahanan dan kemandirian pangan melalui diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal yang merupakan tema workshop APEC kali ini, kiranya dapat menjadi kontribusi penting dalam menjawab tantangan ketahanan pangan di Asia Pasifik dan mendukung suksesnya Keketuaan Indonesia pada tahun APEC 2013. @

Sumber: Humas BKP (http://www.badanketahananpangan.com/html/lokakarya-apec-bahas-rencana-aksi-ketahanan-pangan-a0.html)

 

No Responses to “Lokakarya APEC Bahas Rencana Aksi Ketahanan Pangan”

 

Leave a Reply