phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Buah lokal tidak sebabkan diare

 

Pakar: Buah lokal tidak sebabkan diare

Kamis, 31 Januari 2013 19:44 WIB

Pakar: Buah lokal tidak sebabkan diare Pedagang buah-buahan di pasar tradisional di Palembang (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/11)

Jakarta  (Antara Sumsel) – Pakar pangan dari Institut Pertanian Bogor Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi mengatakan buah lokal sama sekali tidak menyebabkan diare.

“Penyebab diare bukan karena buah, tapi disebabkan bakteri yang ada pada buah yang kotor. Jadi sama sekali bukan karena buahnya,” ujar Purwiyatno usai acara Indofood Riset Nugraha di Jakarta, Kamis.

Buah lokal, lanjut Purwiyatno, tidak kalah dari buah-buahan impor. Bahkan buah lokal lebih unggul dibandingkan buah impor.

Sebelumnya, Wakil Ketua Gabungan Importir Hasil Bumi Indonesia (Gisimindo) Bob B Budiman, mengatakan masyarakat tiap hari makan buah lokal bisa diare.

“Menurut saya itu hanya reaksi berlebihan terkait dengan  kebijakan pemerintah yang membatasi pemberian Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) terhadap buah dan sayur impor,” katanya.

Upaya pembatasan itu, lanjut Purwiyatno, memang diperlukan untuk melindungi buah dan sayur lokal.

Kalau tidak seperti itu, buah dan sayur lokal tidak ada yang melindungi . Bahkan untuk jangka panjang diperlukan insentif bagi petani yang menanam buah dan sayur.

Ke depannya, dia mengharapkan agar pemerintah melakukan investasi dibidang pertanian khususnya sayur dan buah. Selama ini, investasi tersebut sangat minim.

Misalnya terjadi macet di pelabuhan Merak, akibatnya buah dan sayur menjadi busuk. Investasi yang dimaksud juga termasuk dalam bidang transportasi dan penyimpanan buah dan sayur. (ANT)
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © 2013

Sumber:

Antara News Palembang

 

No Responses to “Buah lokal tidak sebabkan diare”

 

Leave a Reply