phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

2016: Fresh Exotic Flavors of Indonesia

 
FRI VOL X1/01 2016
1-16-31122015-Screen-Shot-2015-12-31-at-10.05.10-AM2016: Fresh Exotic Flavors of Indonesia

Pergantian tahun, kembalinya bulan Januari adalah kembalinya kesempatan, untuk menata segala sesuatu menjadi lebih baik.

Untuk industri dan insan pangan Indonesia, 2016 adalah tanda dimulainya secara resmi ASEAN sebagai satu kesatuan ekonomi , Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tantangan akan menjadi menjadi semakin berat, persaingan akan semakin ketat, sehingga persiapan pun perlu dilakukan dengan semakin tepat. Namun demikian, MEA juga menghadirkan kesempatan. Kesempatan industri pangan untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab tuntutan konsumen, konsumen ASEAN.

Kebutuhan pokok konsumen yang paling utama adalah kebutuhan pangan. Untuk itu, industri pangan perlu memahami dengan baik kebutuhan konsumennya, yang umumnya menjadi lebih “demanding”. Konsumen tidak hanya menuntut jumlah yang cukup, harga yang lebih murah, tetapi juga harus aman, bergizi, dan bermutu, seperti mempunyai cita rasa enak dan nikmat. Pemahaman dan penilaian mengenai mutu ini jelas beragam antar konsumen tiap negara ASEAN. Karena, industri perlu menerjemahkan secara tepat pemahaman dan penilaian dalam rangkaian kegiatan industri pangan; mulai dari pengembangan sampai ke pemasaran produknya.

Jelas hal ini bukan tantangan ringan. Salah satu faktor penting dalam hal ini flavor pangan. Peranan ahli dan industri flavor sangat penting untuk mendukung formulasi dan pengembangan produk pangan sesuai dengan karakeristik konsumennya.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, memiliki potensi flavor nusantara. FOODREVIEW INDONESIA berkeyakinan bahwa flavor khas Indonesia bisa menjadi nilai unggul dan unik yang perlu digali dan dikembangkan untuk konsumen Indonesia; atau bahkan konsumen MEA. Industri pangan dan industri flavor Indonesia perlu bersinergi; menggunakan momentum tahun baru, era baru MEA, untuk mengembangkan pangan dan flavor khas Indonesia.

Selamat tahun baru. Tantangan baru dan kesempatan baru. 2016: Fresh Exotic Flavors of Indonesia.

Selamat membaca,
Prof. Purwiyatno Hariyadi

 

No Responses to “2016: Fresh Exotic Flavors of Indonesia”

 

Leave a Reply