phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Machinery for More Competitive Food Industry

 
FRI VOL X1/02 2016
2-01022016-Screen-Shot-2016-02-01-at-9.13.07-AM
Machinery for More Competitive Food Industry

Persaingan industri pangan akan semakin ketat dengan datangnya MEA. Tidak bisa dipungkiri bahwa pengembangan mesin dan peralatan pengolahan pangan untuk industri sangat diperlukan untuk peningkatan daya saing industri pangan nasional kita. Mesin/peralatan pengolahan pangan tidak hanya akan berkontribusi pada peningkatan produktivitas; tetapi juga dalam upaya pemastian mutu dan keamanan produk pangan yang dihasilkan.

Mesin/peralatan pengolahan pangan akan sangat membantu industri untuk memproduksi pangan dengan lebih “seragam” dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lebih singkat. Mesin/peralatan pengolahan pangan biasanya didesain untuk melakukan fungsi pengolahan tertentu, berulang-ulang, secara lebih persis dan konsisten. Karena itulah maka, perhatian utama dalam desainnya, umumnya lebih menitikberatkan pada bagaimana mesin/peralatan bisa melakukan fungsi tersebut dengan efektif dan efisien. Sebagai akibatnya, sering mesin/peralatan yang dihasilkan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan. Atau bahkan, tidak jarang mesin/peralatan tersebut mempunyai bagian-bagian yang tidak mungkin dibersihkan. Dengan semakin ketatnya peraturan dan persyaratan keamanan dan mutu pangan, maka semakin tinggi pula tuntutan teknologi –termasuk mesin/peralatan pengolahan pangan- yang memungkinkan industri pangan menghasilkan produk yang aman, bergizi, bermutu secara lebih efesien.

Kondisi industri mesin/peralatan pengolahan pangan di Indonesia masih belum berkembang. Industri mesin/peralatan pengolahan pangan perlu mendapatkan perhatian dan dorongan serius semua pihak; supaya bisa lebih berkembang. Posisi Indonesia sebagai pasar besar; hendaknya tidak menjadikan Indonesia lupa pada potensinya. Mesin/peralatan pengolahan pangan yang saat ini masih didominasi oleh produk impor, hendaknya menjadi pemicu semua pihak untuk bergeliat “bangkit”.

FOODREVIEW INDONESIA berharap, industri mesin/peralatan pengolahan pangan di Indonesia bisa lebih berkembang; mendukung perkembangan industri pangan untuk memproduksi pangan yang aman, bergizi, bermutu secara lebih berdaya saing. Machinery for more competitive food industry.

Selamat membaca,
Prof. Purwiyatno Hariyadi

 

No Responses to “Machinery for More Competitive Food Industry”

 

Leave a Reply