phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

QUALITY BAKERY

 

QUALITY BAKERY

01022017-Screen-Shot-2017-02-01-at-4.11.37-PM

 

Bread gains populartity in rice state
The Jakarta Post (June 8, 2016)

Produk bakeri, aneka roti, kue, biskuit dan lain-lain, semakin populer dan memiliki tingkat penerimaan yang tinggi oleh konsumen di berbagai wilayah Indonesia. Karena alasan itu, tepat sekali analisis Koran the Jakarta Post, 8 Juni 2016 lalu yang menyoroti laporan dari Rabobank yang melihat meningkatnya popularitas produk roti di negara yang secara tradisi mengonsumsi nasi. Laporan Rabobank tersebut juga menyatakan bahwa industri bakeri di Indonesia tumbuh pesat; dengan laju pertumbuhan volume produk bakeri mencapai 5,5% setara dengan peningkatan nilai 11,7%.

Pertumbuhan industri bakeri termasuk tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan kategori pangan lainnya. Hal ini juga terlihat dengan tumbuh dan berkembangnya industri bakeri baik dalam skala besar maupun kecil, termasuk munculnya aneka outlet dan ritel, berupa aneka toko roti dan warung kopi. Antara lain, pertumbuhan ini dipengaruhi oleh konsumen kelas menengah di Indonesia beserta perubahan gaya hidupnya. Konsumen selalu menuntut industri bakeri untuk bisa memberikan aneka pilihan produk serta memberikan jaminan keamanan dan mutu produk; termasuk pula produk bakeri.

Quality Bakery. Aspek mutu produk bakeri, baik mutu fisik, kimia/ gizi, dan mikrobiologis merupakan salah satu aspek yang harus serius diperhatikan oleh industri untuk memuaskan tuntutan konsumennya. Pembahasan aspek mutu inilah yang disajikan pada FOODREVIEW INDONESIA kali ini. Pembahasan quality bakery ini juga diharapkan dapat menjadi pemicu munculnya ide-ide baru, antara lain pengembangan aneka tepung lokal (non-terigu; tepung talas, tepung singkong, tepung garut, dan lain-lain) serta aneka ingridien lokal lainnya, misalnya aneka buah kering untuk lebih menumbuhkembangkan produk bakeri, khususnya bakeri berkualitas dan berciri lokal.

Selain itu, kami juga menyajikan aneka peraturan mutu dan keamanan pangan yang dikeluarkan oleh Badan POM RI yang tentunya erat terkait dengan mutu dan keamanan produk bakeri. Semoga ulasan yang kami sajikan dapat memberikan kontribusi untuk daya saing produk dan industri bakeri Indonesia.

 Purwiyatno Hariyadi

 

 

No Responses to “QUALITY BAKERY”

 

Leave a Reply