phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Managing Shelf Life of Dairy Products

 
FRI VOL XII/06 2017
01062017-edisijuni17
Managing Shelf Life of Dairy Products

Berdasarkan data dari Euromonitor tahun 2016 (http://www.euromonitor.com/dairy-in-indonesia/ report) Indonesia mengonsumsi susu dan produk- produk susu (dairy products); seperti susu cair (susu pasteurisasi, susu steril), susu bubuk, yogurt, keju, dan lain-lain, dengan jumlah yang semakin meningkat. Hal ini dapat dikaitkan dengan berbagai faktor; antara lain meningkatnya jumlah dan tingkat pemahaman konsumen menengah-atas tentang hubungan konsumsi susu, status gizi dan kesehatan.

Kondisi ini ditangkap oleh industri sebagai peluang; dengan pengembangan bermacam produk susu sebagaimana terpampang dijajakan pada rak-rak berbagai toko dan super market. Disamping produk susu siap konsumsi; susu juga banyak diolah menjadi ingridien untuk aneka produk olahan lainnya; atau bahkan sebagai topping dalam berbagai pangan jajanan; seperti martabak, pisang goreng, singkong goreng, roti dan lain-lain.

Baik sebagai produk pangan siap konsumsi maupun sebagai ingridien pangan; pengelolaan masa simpan produk susu -managing shelf life of dairy products- merupakan salah satu tantangan bagi industri. Tantangannya antara lain adalah bagaimana menjamin bahwa setiap konsumen produk susu akan mendapatkan produk yang aman dan bermutu sesuai dengan janji atau klaim pada label. Jaminan ini harus dapat diberikan kepada konsumen, kapan pun konsumen tersebut membeli atau mengkonsumsinya, sebelum produk mencapai titik kadaluarsa.

Pada FOODREVIEW INDONESIA kali ini; disajikan berbagai artikel yang mengulas mengenai masa simpan produk susu. Berbagai metoda untuk pengelolaan (misalnya memperpanjang) umur simpan produk susu disajikan sebagai ulasan pada edisi ini. Semoga artikel-artikel tersebut bermanfaat bagi industri persusuan di Indonesia; yang pada bulan Juni ini memeperingati Hari Susu Nusantara.

Semoga edisi ini dapat melengkapi referensi pembaca dalam menangani produk dairy.

Selamat membaca,
Prof. Purwiyatno Hariyadi

http://pustakapangan.com/store/?category=Foodreview

 

No Responses to “Managing Shelf Life of Dairy Products”

 

Leave a Reply