phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

MACHINERY: Improving productivity and eficiency in bakeries

 

03072017-edisi717

MACHINERY: Improving productivity and eficiency in bakeries

If you don’t understand how to run an ef cient operation, new machinery will just give you new problems of operation and maintenance.    The sure way to increase productivity is to better administrate man and machine.

W. Edwards Deming

Seperti halnya dengan sektor industri pangan lainnya, industri bakeri juga selalu menghadapi persaingan yang semakin tajam. Untuk memenangkan persaingan ini, upaya-upaya cerdas untuk memastikan keamanan, meningkatkan mutu, produktivitas, dan efisiensi selalu menjadi perhatian penting. Salah satu faktor esensial untuk memenangkan persaingan tersebut adalah faktor mesin.

Keseluruhan proses dalam industri bakeri mulai dari mixing hingga packaging melibatkan mesin di dalamnya. Semakin berkembangnya produk bakeri dan turunannya termasuk biskuit, wafer dan lain sebagainya juga memberikan keragaman pada mesin-mesin yang digunakan. Suatu tantangan dan sekaligus peluang bagi industri mesin dan industri bakeri di Indonesia. Diperlukan kerjasama tim lintas disiplin (baik disiplin teknis, rekayasa maupun sistem) secara konsisten dan terus-menerus menciptakan mesin tepat dan sekaligus kompetitif untuk industri bakeri. Tanpa pemahaman yang baik, pemilihan dan penggunaan mesin yang tidak tepat justru bisa menganggu produktivitas dan e siensi; bahkan “just give you new problems of operation and maintenance”.

Hal ini terbukti bisa dilakukan oleh industri mesin dan industri bakeri Indonesia. Performa ini diulas pada FOODREVIEW INDONESIA; khususnya untuk mesin kontinu pada industri wafer stik dan wafer at. Ulasan mesin lain seperti dividing machine dan oven, serta peralatan yang sangat dibutuhkan pada pada industri seperti kompresor dan detektor logam juga disajikan pada edisi kali ini. Tidak terlewat tentunya ulasan mengenai pembahasan isu keamanan pangan, pertahanan pangan serta berbagai perkembangan teknologi industri pangan penting lainnya.

Semoga sajian pada edisi ini dapat melengkapi referensi untuk meningkatkan daya saing industri dan produk pangan Indonesia.

Selamat membaca,
Prof. Purwiyatno Hariyadi
Phariyadi.staff.ipb.ac.id

 

No Responses to “MACHINERY: Improving productivity and eficiency in bakeries”

 

Leave a Reply