phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

FUNCTIONAL PACKAGING: More Than Just a Wrap

 

FUNCTIONAL PACKAGING:  More Than Just a Wrap

02102017-foodreview10

Kemasan pangan memang mempunyai banyak fungsi, multi fungsi.  Dengan semakin meningkatnya tuntutan konsumen atas tersedianya produk pangan yang lebih sehat, lebih aman, lebih sustainable, maka peranan kemasan pangan di masa yang akan datang akan semakin penting. Dalam hal ini, kemasan pangan juga berfungsi (i) mengurangi kehilangan selama distribusi dan penyimpanan, (ii) menjaga keaslian dan mencegah pemalsuan (tampering) produk selama distribusi dan penyimpanan, (iii) memberikan ketelusuran (traceability) produk dari sumbernya (produsen) ke konsumen; termasuk memonitor kondisinya selama transportasi, distribusi dan penyimpanan, (iv) memberikan informasi kepada konsumen mengenai nilai produk pangan, (v) mempromosikan dan meningkatkan produk dan perusahaan (brand awareness), dan (vi) meminimisasi dampak lingkungan, kerusakan (food wastage) dan biaya.  It’s More Than Just a Wrap.

Peranan kemasan pangan jelas akan semakin penting dan menantang.  Kemasan pangan akan semakin sulit dipisahkan dari proses produksi pangan. Kemasan pangan akan menjadi satu kesatuan dengan indentitas produk pangan, bagian integral dari upaya branding dan marketing produk dan bisnis pangan.

Namun demikian, pertimbangan pertama dan utama dalam pemilihan kemasan pangan adalah kemampuannya untuk berfungsi mempertahankan keamanan dan mutu pangan. Fungsi lain adalah fungsi tambahan.  Fungsi tambahan kemasan ini juga selalu berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi.  Ada pengemas yang mampu mengendalikan (memanipulasi) kondisi lingkungan yang melingkupi produk pangan untuk tujuan menmpertahankan mutu dan keamanannya. Itulah pengemas aktif.  Ada pula pengemas yang mampu mengolah informasi mengenai produk pangan yang dikemasnya, dan menerjemahkan informasi tersebut menjadi status tentang keamanan atau mutu produk pangan , dan sekaligus menyampaikan hal itu melalui tanda-tanda yang mudah kepada konsumen. Itulah pengemas pintar. Itulah functional packaging.

Jadi, jika kemasan tidak memiliki fungsi yang berarti, sekedar hanya memiliki tampilan yang menarik, maka seharusnya tidak perlu dilakukan; karena hanya akan menambah biaya ekonomi dan ekologis saja.

Berbagai isu tentang kemasan pangan disajikan pada FOODREVIEW INDONESIA edisi kali ini. Harapannya, semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi perkembangan saya saing pangan dan industri pangan, serta –tentunya- kemasan dan industri kemasan di Indonesia.

Selamat membaca.

Prof. Purwiyatno Hariyadi

phariyadi.staff.ipb.ac.id

 

No Responses to “FUNCTIONAL PACKAGING: More Than Just a Wrap”

 

Leave a Reply