phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Food Safety By Design

 
01112017-Screen-Shot-2017-11-01-at-9.29.34-AM
FRI VOL XII/11 2017
Food Safety By Design
Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. UU No. 18, 2012, Bab I, Pasal 1, Ayat 5
Keamanan pangan adalah prasyarat untuk pangan bermutu. Tidak akan bermakna bicara mengenai mutu, jika produk pangan tersebut tidak memenuhi persyaratan keamanan pangan. Jadi, bagi siapa pun yang bergerak di bidang pangan, hal pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah tentang keamanan pangan. Karena itu, keamanan pangan harus mulai dipertimbangkan pada saat tahap rancangan awal pengembangan bisnis pangan.
Secara sadar dan bertanggung jawab, aspek keamanan pangan harus masuk dalam kegiatan perancangan. Sejak perancangan lokasi, bangunan, mesin dan peralatan, produk, kemasan, penyimpanan dan penggudangan, distribusi, sampai pada displai di tingkat ritel, serta penanganan rumah tangga dan konsumsi, unsur keamanan pangan ini harus selalu menjadi pertimbangan utama. Adalah kewajiban bagi setiap insan pangan untuk tidak “mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia”. Adalah kewajiban bagi setiap warga bangsa insan pangan untuk tidak mengembangkan suatu produk pangan yang “bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat “. Itulah food safety by design.
Peningkatan kesadaran bersama atas pentingnya keamanan pangan ini perlu selalu diupayakan. FOODREVIEW INDONESIA ingin berkontribusi pada upaya ini. Secara khusus, pada edisi November 2017 ini, FOODREVIEW INDONESIA membahas beberapa informasi terkini tentang keamanan pangan, seperti pembentukan bio lm di area pengolahan, tingkat cemaran mikotoksin di beberapa produk pangan Indonesia, dan regulasi tentang pangan steril komersial serta program manajemen risiko.
Semoga informasi ini mampu meningkatkan kapasitas insan pangan Indonesia untuk menempatkan keamanan pangan secara lebih tepat; serta melakukan langkah-langkah penjaminan keamanan pangan secara terencana dengan baik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi daya saing produk dan industri pangan Indonesia.
Selamat membaca,
Prof. Purwiyatno Hariyadi
phariyadi.staff.ipb.ac.id
 

No Responses to “Food Safety By Design”

 

Leave a Reply