phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Perkembangan Keamanan Pangan dan Aplikasinya pada Proses Produksi

 

Perkembangan Keamanan Pangan dan Aplikasinya pada Proses Produksi


Keamanan pangan terus menjadi fokus utama dalam menghasilkan pangan yang aman dan berkualitas. Inovasi dalam keamanan pangan pun semakin berkembang dan dikembangkan, dalam menjamin keamanan pangan tersebut, banyak faktor yang terus ditingkatkan dan dijaga keamanannya seperti kontaminan pada proses produksi.Seperti yang dipaparkan oleh Vice-Chairman Codex Alimentarius Commission (CAC), Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi,  dalam  the 1st Seafast International Seminar 2017 “Current and Emerging Issues of Food Safety: Innovation Challenges” yang diselenggarakan pada 21-22 November 2017 di Bogor bahwa keamanan pangan tidak hanya fokus pada tiga proses produksi utama seperti formulasi, proses produksi, dan penanganan pasca proses tetapi, ditambahkan dengan optimasi setelah proses, kegiatan saat di lahan dan penanganan pasca panen. Sehingga, penambahan dan optimasi tersebut dapat menekan foodborne disease dan meningkatkan keamanan pangan.
Hal serupa disampaikan oleh Siew Moi Wee, dari International Life Science Institute (ILSI) South East Asia Region,  dalam paparannya terkait aflatoxin dalam keamanana pangan, pengendalian pada aflatoxin ditekankan pada lima proses pra dan pasca panen seperti proses pertanian yang baik, penanganan dan penyimpanan pasca panen, kontrol tingkat kelembapan, HACCP dan langkah mitigasi seperti pada saat penyortiran.

Selain lima hal di atas, Wee juga menekankan pentingnya komunikasi dan informasi kepada seluruh pihak terkait mengenai aflatoxin agar tercipta sistem yang sinergi untuk menangani keamanan pangan yang banyak disebabkan oleh Aspergillus parasiticus ini.”Komunikasi dan kemampuan mengatur merupakan langkah yang sangat penting untuk menangani keamanan pangan,” tuturnya.

Fri-35

http://foodreview.co.id/blog-5669285-Perkembangan-Keamanan-Pangan-dan-Aplikasinya-pada-Proses-Produksi.html

File presentasi Prof. Purwiyatno Hariyadi (Updates on Food Processing Contaminants) dapat diunduh di sini.

 

No Responses to “Perkembangan Keamanan Pangan dan Aplikasinya pada Proses Produksi”

 

Leave a Reply