phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Indonesia Harus Siap Hadapi Tantangan Ganda Keamanan Pangan 2018

 

Indonesia Harus Siap Hadapi Tantangan Ganda Keamanan Pangan 2018 .

Siti Nurfaizah 
Jumat, 22 Desember 2017 10:37 WIB

AKURAT.CO, Indonesia akan menghadapi tantangan ganda keamanan pangan di tahun 2018. Pertama keamanan pangan domestik yang banyak menciptakan masalah stunting, dan kedua tantangan keamanan internasional.

Hal ini dikatakan Guru Besar Pangan IPB, Purwiyatno Haryadi, sehingga menurutnya harus dilakukan pembenahan sistem keamanan nasional.

“Seperti dapat dilihat, kita akan menghadapi tantangan ganda. Pertama lebih besar pada keamanan pangan domestik itu masalah stunting, dan kedua tantangan keamanan internasional,” jelasnya dalam diskusi bertajuk “Outlook 2018 mengenai Tantangan dan Peluang 2018 di Hotel Dharmawangsa, Kamis (21/12).

Tantangan keamanan pangan domestik seperti masih terjadinya stunting. Stunting merupakan kondisi tubuh pendek karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama.

Purwiyatno juga menambahkan yang menjadi indikator Indonesia dianggap sebagai negara yang paham tentang pangan adalah jika setiap individu di Indonesia mempunyai akses terhadap pangan yang cukup, aman dan berkualitas. Sehingga, ketika dikonsumsi oleh individu tersebut memiliki potensi sebagai orang yang sehat dan produktif. Hal ini sesuai dengan UU Pangan No.18 tahun 2012.

“Ternyata di tingkat dunia kondisi kekurangan gizi meningkat. Di tahun 2015 mencapai 777 juta orang dan tahun 2016 menjadi 815 juta orang,” jelasnya.

Sedangkan kondisi kurang gizi di Indonesia menurut Purwiyatno, grafiknya mirip dengan dunia. Data dari tahun 2003, 2010 dan 2013 menunjukkan angka yang flat namun akhirnya meningkat dari 13 hingga 13,9 persen.

Selain itu, tantangan keamanan pangan domestik lainnya adalah rendahnya akses Industri Kecil Menengah (IKM) terhadap sumber daya modal, prasarana/fasilitas keamanan, sanitasi dan higieni, sumbed daya manusia, dan manusia.

 

 

No Responses to “Indonesia Harus Siap Hadapi Tantangan Ganda Keamanan Pangan 2018”

 

Leave a Reply