phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Dairy Opportunity

 

02062018-Screen-Shot-2018-06-02-at-10.40.35

Dairy Opportunity.

Permintaan susu dan olahan susu di pasar Indonesia terus meningkat. Aneka inovasi produk susu, termasuk juga produk pangan lain dengan menggunakan ingridien berbasis susu, terus bermunculan berebut pangsa pasar. Hal ini tidak dapat dipungkiri berkaitan dengan (i) meningkatnya kesadaran masyakarat konsumen tentang pentingnya asupan gizi untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh, dan (ii) telah dikenalnya susu sebagai produk bergizi.

Sayangnya kondisi ini tidak diimbangi dengan kemampuan sistem produksi susu secara nasional. Pada 2016 misalnya, produksi susu nasional hanya bisa memenuhi sekitar 23% dari permintaan industri susu olahan. Karena itu, industri susu yang bertumbuh ini harus tergantung pada susu impor.  Untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor, pemerintah telah pula memberikan berbagai fasilitas kemudahan dalam berinvestasi di bidang peternakan.  Pemerintah menargetkan produksi susu nasional pada 2021 nanti dapat memenuhi sekitar 41% permintaan pasar lokal.  Jadi, kondisi ini melahirkan peluang berkembang yang menarik bagi industri susu Indonesia: Dairy Opportunity.

Peluang berkembang tersebut bisa beragam. Pertama, peluang peningkatan kemampuan produksi. Peluang ini perlu digaungkan sehingga dapat ditangkap oleh para industriawan Indonesia untuk mengembangkan industri peternakan susu.  Kedua, peluang pengembangan aneka produk olahan susu dengan mengeksplorasi kandungan gizi susu untuk melahirkan produk unggul dan unik.

FOODREVIEW Indonesia edisi ini menyajikan aneka ide dan konsep pengembangan aneka produk olahan susu. Harapannya, semoga aneka ide dan konsep pengembangan tersebut dapat mendorong pengembangan produk olahan susu berbasiskan kondisi, budaya dan keunggulan lokal.   Misalnya, berupa pengembangan dari produk tradisional seperti dadih (dari Sumatra) dan dangke (dari Sulawesi), atau pun produk inovasi lokal seperti tahu susu, kerupuk susu dan dodol susu yang diperkenalkan dan dikembangkan di daerah Bandung dan Boyolali.

Pada kesempatan ini, FOODREVIEW Indonesia mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1439 H. Mohon maaf lahir batin. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing produk dan industri pangan Indonesia.

Purwiyatno Hariyadi 

phariyadi.staff.ipb.ac.id

 

No Responses to “Dairy Opportunity”

 

Leave a Reply