phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

FOOD ANALYSIS: Ask The Right Question ​

 

FOOD ANALYSIS: Ask The Right Question 

 

If you do not know how to ask the right question, you discover nothing. 
W. Edwards Deming

 

Teknik analisis pangan diperlukan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan untuk menjamin keamanan, mutu, dan keaslian pangan, sebagaimana yang dipersyaratkan oleh peraturan dan tuntutan konsumen. Jadi, analisis pangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam industri pangan. Pertama, penting dalam upaya memastikan keamanan pangan. Kedua, penting untuk mengetahui mengenai komposisi pangan; sehingga memberikan informasi bagi konsumen untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Selain untuk pengendalian rutin industri pangan, analisis pangan juga sangat penting untuk mengevaluasi dan menentukan keadaan bahan baku, pengemas, dan aneka ingridien lainnya, mengontrol parameter proses pada setiap tahap pengolahan, mengendalikan kondisi penyimpanan dan distribusi, bahkan sampai kondisi ritel, serta menentukan masa simpannya.

Untuk efektif memainkan peran penting tersebut, teknik analisis pangan terus mengalami perkembangan yang luar biasa; sehingga menjadi lebih efisien, sensitif, hemat biaya dan mudah. Perkembangan ini ditunjang berkembangnya teknik instrumentasi yang sangat maju di laboratorium pangan. Teknik analisis dengan aneka instrumen canggih ini telah menyebabkan akurasi dan presisi yang lebih baik, batas deteksi yang semakin kecil, dan kemampuan menganalisis dengan jumlah contoh (sampel throughput) yang besar.

Analisis pangan menjadi lebih mudah? Sekali lagi, dengan perkembangan teknik instrumentasi yang canggih, dilengkapi dengan teknik otomasi dan perangkat lunak (software) yang canggih pula, maka analisis pangan dapat “mudah” dikerjakan hanya dengan “menekan tombol”. Justru karena kemudahan inilah maka istilah “the man behind the gun” menjadi sangat relevan. Sumber daya manusia (SDM) analis mempunyai peran yang sangat penting. SDM diperlukan tidak hanya “menekan tombol” tetapi untuk mengaplikasikan good labolatory practices dengan benar dan disiplin. SDM demikian mampu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan dan tujuan analisis dengan baik, mampu memahami apa yang sesungguhnya perlu dianalisis, mampu “ask the right question”, mampu merencanakan, melakukan, memonitor, mencatat, mengarsipkan, dan melaporkan hasil analisis dengan baik. Di samping itu, justru karena aspek kemudahan ini pula, maka diperlukan suatu sistem manajemen yang baik, untuk memastikan tidak terjadi fenomena “garbage in, garbage out”.

FOODREVIEW INDONESIA edisi kali sengaja membahas topik Analisis Pangan –FOOD ANALYSIS: Ask the Right Question– mengingat peranannya yang sangat penting untuk industri pangan, khususnya untuk pemastian keamanan dan mutu pangan, serta pada akhirnya akan bermuara pada daya saing. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing produk dan industri pangan Indonesia.

Akhirnya, dalam kondisi wabah COVID-19 yang sulit ini, masyarakat industri pangan perlu tetap tenang, disiplin menerapkan good hygienic practices, tetap sehat, tetap semangat dan bermanfaat feeding the nation.  Semoga!

Purwiyatno Hariyadi
phariyadi.staff.ipb.ac.id

 

No Responses to “FOOD ANALYSIS: Ask The Right Question ​”

 

Leave a Reply