phariyadi's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Technology for Safer and Better Foods

 
FRI Vol XV/10 2020
http://www.foodreview.co.id/

Technology for Safer and Better Foods
https://pustakapangan.com/store/?category=Foodreview

Pangan aman dan bergizi merupakan kebutuhan dasar manusia. Pada kondisi pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan pangan aman bergizi menjadi lebih penting lagi. Pertama, pangan aman merupakan prasyarat. Artinya, perlu ada jaminan bahwa pangan yang beredar harus memenuhi persyaratan keamanan, karena konsumsi pangan tak aman justru akan menyebabkan munculnya outbreak tambahan, menambah beban di atas pandemi COVID-19 yang sudah demikian berat. Di samping itu, konsumsi pangan bergizi, juga sangat diharapkan untuk membantu membangun sistem imun yang diperlukan dalam melawan COVID-19. Karena alasan itu, maka penyediaan pangan aman bergizi merupakan tugas mulia dan esensial untuk Indonesia agar dapat mengatasi permasalahan mengenai pandemi.

Salah satu penyedia pangan aman bergizi ini adalah industri pangan. Dalam ekosistem yang kompetitif, industri pangan memerlukan teknologi untuk dapat mengolah pangan secara lebih efisien. Mengingat pentingnya keamanan pangan, maka peranan teknologi hendaknya dipilih dan diaplikasikan untuk menjamin keamanan pangan, bergizi dan sekaligus dapat memberikan nilai tambah yang sangat signifikan. Tujuan menjamin keamanan pangan ini tidak bisa dikompromikan. Karena itu, pemahaman mengenai persyaratan keamanan pangan sudah perlu dipertimbangkan oleh industri pangan, sejak tahap awal perancangan dan pemilihan teknologi, termasuk apakah mesin atau peralatan yang digunakan telah dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip desain saniter.

Dengan semakin kompetitifnya ekosistem industri pangan, serta semakin berkembangnya tuntutan konsumen, maka peranan teknologi akan semakin penting dan berkembang. Aspek efisiensi tetap merupakan faktor penting untuk memenangkan kompetisi, serta untuk meringankan beban lingkungan. Karena itu, penggunaan teknologi yang menggantikan proses bets menjadi proses sinambung, otomatisasi, proses untuk mengurangi bahan pangan tercecer dan terbuang (food losses and waste) terus dikembangkan. Selain itu, pengembangkan teknologi dengan tujuan memberikan layanan yang memanjakan konsumen juga sangat berkembang saat ini, menghasilkan produk pangan yang cepat, mudah dan praktis. Selanjutnya, teknologi di industri pangan juga memberikan layanan personal (personalized) kepada konsumen, robotisasi, digitalisasi, untuk mendukung sistem pembelian daring yang semakin berkembang.

Lepas dari majunya perkembangan teknologi tersebut, untuk pangan, tetap saja hal penting pertama dan utama adalah keamanan pangan. Tuntutan terhadap keamanan pangan ini juga terus berkembang, tidak sekadar pangan harus “bebas dari unsur berbahaya”, tetapi juga meluas kepada pentingnya pemberian label yang jelas dan akurat, pencantuman informasi bahan yang jelas, kepastian keaslian produk, asal-usul produk, dan lain-lain. Dalam hal ini, aplikasi blockchain pada logistik dan rantai pasok pangan menjadi salah satu alternatif yang bisa dipertimbangkan. Jadi, teknologi yang diperlukan adalah teknologi untuk menjamin keamanan pangan, bergizi dan sekaligus memberikan nilai tambah produk pangan; technology for safer and better foods.

FOODREVIEW INDONESIA edisi kali ini membahas mengenai beberapa hal terkait dengan perkembangan teknologi untuk industri pangan. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing produk dan industri pangan Indonesia.

Purwiyatno Hariyadi
phariyadi.staff.ipb.ac.id

https://pustakapangan.com/store/?category=Foodreview

 

No Responses to “Technology for Safer and Better Foods”

 

Leave a Reply