Books/Chapters

CATATAN KULIAH PRINSIP TEKNIK PANGAN

Prinsip Teknik Pangan (Purwiyatno Hariyadi; phariyadi.staff.ipb.ac.id)
Review Matematika
• Satuan dan Dimensi
• Neraca Massa
• Thermodinamika dan Neraca Energi
• Aliran Fluida
• Transportasi Fluida
• Pindah Panas
• Alat Penukar Panas
• Proses Thermal
• Refrigerasi
• Pembekuan
• Pengeringan

Catatan Kuliah Prinsip Teknik Pangan-Purwiyatno Hariyadi-2020

______________________________________________________

CODEX ALIMENTARIUS: Codex Alimentarius Standar Pangan Internasional Untuk Perlindungan Kesehatan Konsumen dan Praktik Adil Perdagangan

Buku ini disusun untuk membantu pembaca mengenal Codex, terutama penjelasan Codex melaksanakan misi pengembangan standar, prosedur dan mekanisme elaborasi standar, pertimbangan-pertimbangan yang digunakan dalam pegambilan keputusan, dan bagaimana implementasi standar Codex secara nasional maupun internasional, beserta implikasinya.  Selain itu, buku ini juga menjelaskan pengelolaan kegiatan Codex di Indonesia, agar pembaca dapat memperoleh informasi mekanisme keterlibatan Indonesia di CAC, termasuk bagaimana dapat ikut berkontribusi dan memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam forum Codex.

Deskripsi

Buku ini berisikan pembahasan yang dimulai dengan sistem satuan dan dimensi neraca massa, prinsip termodinamika, neraca energi, fenomena transfer, meliputi transfer momentum (reologi dan aliran flida), transfer panas, dan transfer massa. Contoh-contoh khusus untuk proses pengolahan dan pengawetan pangan juga dibahas dalam buku ini meliputi prinsip dehidrasi, evaporasi, refrigerasi, pembekuan dan proses termal. Buku ini ditulis untuk membantu mahasiswa memahami, menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip keteknikan (Engineering) dalam proses pengolahan dan pengawetan pangan di industri pangan.

_______________________________

Masa Simpan dan Batas Kedaluwarsa Produk Pangan.

Gramedia Pustaka Utama – Toko Buku Online Terbesar | Gramedia.com Masa-Simpan-dan-Batas-Kedaluwarsa-Produk-Pangan Sinopsis : Penetapan masa simpan dan tanda kedaluwarsa yang benar sungguh penting dilakukan karena informasi ini bersifat esensial bagi konsumen, khususnya untuk memberikan kepastian mengenai keamanan dan mutu pangan. Bahkan di Indonesia, informasi mengenai batas kedaluwarsa diatur pada tingkat undang-undang (Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan). Penetapan masa simpan yang tidak benar sangat merugikan. Jika dugaan masa simpannya lebih pendek, daripada yang seharusnya, produk akan dianggap kedaluwarsa, tidak boleh diedarkan, padahal sebetulnya masih baik dan dapat dikonsumsi. Kesalahan demikian jelas akan merugika industri. Jika dugaan masa simpannya lebih panjang daripada seharusnya, aakan ada risiko konsumen menerima produk dengan keamanan dan mutu yang tidak sesuai. Dalam hal ini, kesalahan ini akan merugikan konsumen. Penandaan batas kedaluwarsa juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan dengan benar. Makna batas kedaluwarsa ini perlu diperjelas karena beberapa produk pangan sebenarnya dinyatakan telah melewati tanda batas kedaluwarsanya karena alasan mutu, termasuk mutu sensorinya. Ketidakjelasan mengenai arti batas kedaluwarsa ini telah menyebabkan terbuangnya produk pangan yang sesungguhnya masih layak konsumsi. Hal ini menyebabkan tingginya angka kemubaziran pangan (food waste). Buku Masa Simpan dan Batas Kedaluwarsa Produk Pangan: Pendugaan, Pengelolaan, dan Penandaannya ini memberikan landasan bagaimana melakukan pendugaan dan pengelolaan masa simpan dengan benar sekaligus penandaannya. Dilengkapi dengan contoh dan beberapa informasi praktis, buku ini dianggap mencukupi bagi industri ataupun mahasiswa dan ahli teknologi pangan untuk melakukan evaluasi masa simpan produk pangan dengan baik.

__________________________________________________

PANG4326 – Satuan Operasi Industri Pangan

Purwiyatno Hariyadi, Nugraha Edhi Suyatma, Ariyanti Hartari

  • Edisi 1 / 3 SKS / 9 Modul
  • 312 Halaman: ilustrasi; 21 cm
  • ISBN : 9786023928880 / E-ISBN : 9786023928897
  • Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2020
  • DDC [23] 338.1

Buku Materi Pokok (BMP) PANG4326 Satuan Operasi Industri Pangan ini membahas tentang peralatan, komponen penyusun peralatan dan fungsinya, efisiensi proses, serta perubahan-perubahan yang terjadi dalam setiap operasi yang dilakukan di industri pengolahan pangan yaitu operasi pembersihan, sortasi, grading, pengecilan ukuran, emulsifikasi, filtrasi, sentrifugasi, distilasi, pengempaan, ekstraksi, pendinginan, pembekuan, evaporasi, konsentrasi membran, pemanggangan dan penggorengan.

________________________________________________

Desain Saniter Untuk Industri Pangan

Desain Saniter 

Purwiyatno Hariyadi. 2018.

Desain saniter adalah aplikasi teknik desain pada proses perancangan pabrik, mesin dan peralatan, serta fasilitas lainnya dengan mengedepankan prinsip-prinsip desain untuk memastikan dapat dilakukannya proses pembersihan dan sanitasi secara baik. Untuk ini, desain saniter akan menghasilkan pabrik, mesin dan peralatan, serta fasilitas lainnya yang meminimiasi kemungkinan terjadinya kontaminasi, mendorong pekerja berprilaku saniter dan memudahkan pekerja melakukan pekerjaan permbersihan dan sanitasi. Poin ulasan: -Bangunan dan Fasilitas Pengolahan Pangan -Mesin dan Peralatan Pengolahan Pangan -Pompa Saniter untuk Industri Pangan

___________________________________________________

Teknologi Proses Termal Untuk Industri Pangan.

Buku Proses Termal

Teknologi Proses Termal Untuk Industri Pangan Proses pemanasan biasa digunakan untuk keperluan pemasakan (cooking), penghangatan kembali (rewarming), dan pelelehan dengan tujuan tertentu, yaitu untuk menjamin keamanan pangan dan memperpanjang masa simpan. Dalam buku ini, proses pemanasan yang dilakukan secara terukur dengan tujuan menjamin keamanan pangan dan memperpanjang masa simpan produk pangan inilah yang disebut dengan istilah proses termal. Poin ulasan -Landasan Proses Termal -Prinsip perh1itungan Kecukupan Panas -Optimasi Proses Termal

___________________________________________________

1

___________________________________________________

Buku DGB - Orasi

Pangan untuk Kesejahteraan Masyarakat

___________________________________________________

IMG_20160406_114445_scaled  Purwiyatno Hariyadi dan Nur Aini. 2016. Dasar-Dasar Penanganan Pasca Panen Buah dan Sayur

Sinopsis: Penanganan pasca panen buah dan sayuran merupakan cabang llmu dari fisiologi tanaman, yang menggunakan pendekatan interdisiplin antara ilmu fisiologi, hortikultura dan ilmu pangan. Perhatian terhadap pentingnya penanganan pasca panen buah dan sayuran ini terus meningkat. Hal ini disebabkan kelalahan pada praktik-praktik penanganan pasca panen akan menycbabknn kerusakan, yang berakibat pada kehilangan (loss) jumlah alau pun kehilanganl menurunnya mulu buah dan sayuran tersebut. Berbagai lembaga atau badan yang berkecimpung dalam soal penanganan pasca panen, telah memperkirakan bahyva kisaran kehilangan pasca panen buah segar dan sayuran mencapal 5 – 25 persen pada negara-negara maju dan 20 – 50 persen pada negara-negara sedang berkembang. Bagi Indonesia, keperluan penanganan pasca panen ini lebih penting mengingat bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Pulau yang satu menghasilkan produk yang berlainan dengan pulau yang lain. Perdagangan produk hortikultura antar pulau menuntut adanya leknologi penylmpanan dan pengangkutan yang baik.

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

Buku Ulas PANGAN Lihat daftar isi buku .

Purwiyatno Hariyadi. 2015.  ULAS PANGAN: Kumpulan Artikel Ilmu dan Teknologi Pangan. PT Media Pangan Indonesia.  ISBN : 978-602-73071-0-0.

PANGAN adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Manusia tidak dapat mempertahankan hidupnya tanpa adanya pangan. Karena itu, usaha pemenuhan kebutuhan pangan merupakan suatu usaha kemanusiaan yang mulia; yaitu sebagai upaya pemenuhan hak asasi manusia yang paling utama. Dalam pelaksanaannya, upaya pemenuhan hak asasi ini merupakan tanggung jawab bersama semua pemangku kepentingan, yaitu pihak pemerintah, industri dan konsumen. Dengan alasan itulah maka buku ULAS PANGAN: Kumpulan Artikel Ilmu dan Teknologi Pangan ini diterbitkan.  Tantangan pemenuhan hak asasi atas pangan ini bukan hal yang sederhana. Diperlukan peranan ilmu dan teknologi pangan secara tepat untuk membantu upaya mulia ini.  Buku ini merupakan kumpulan artikel teknologi pangan yang ditulis oleh Purwiyatno Hariyadi, Guru Besar Rekayasa Proses Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB. Sebagian besar artikel ini pernah dipublikasikan di majalah FOODREVIEW INDONESIA. Kumpulan artikel ini memberikan gambaran perkembangan ilmu dan teknologi pangan, terutama di bidang pengolahan dan keamanan. Artikel-artikel tersebut memberikan gambaran mengenai pentingnya inovasi di bidang pangan bagi kemajuan dan daya saing industri. Artikel-artikel tersebut juga menunjukkan bahwa untuk memberikan solusi bagi aneka permasalahan pangan, diperlukan pemahaman ilmu pangan yang lebih baik dan aplikasi teknologi pangan yang tepat.

_______________________________________________________________________

  • FullSizeRender (17)
  • TANTANGAN GENERASI MUDA dalam PERTANIAN, PANGAN DAN ENERGI:  Pemikiran Guru Besar IPB. 2015.  IPB Press. Bogor.
  • Cover buku-SAWIT
  • Mengenal Minyak Sawit dengan Beberapa karakter Unggulnya.Bisa diunduh di sini.
  • 1947783_10152328352885350_336544727_n
  • Proceeding of Indonesian Association of Food Technologist (IAFT) International Conference: “FUTURE  OF FOOD FACTORS”, Kusumaningrum, H.D., Nuraida, L., Dewanti-Hariyadi, R., Gitapertiwi, D, and Hariyadi, P.  SEAFAST Center, 2013.
  • Penganekaragaman Pangan: Peranan Industri untuk Penguatan Ketahanan Pangan Mandiri dan Berdaulat. oleh Purwiyatno Hariyadi. Penganekaragaman pangan adalah upaya menyediakan dan mengkonsumsi pangan dengan menu yang beraneka-ragam dan bervariasi. Beraneka-ragam; artinya menunya terdiri dari berbagai macam bahan pangan; sehingga tidak didominasi hanya oleh satu atau sedikit jenis bahan pangan saja. Bervariasi; artinya macam bahan pangan yang disajikan dari waktu-ke waktu tidak sama; berganti-ganti tetapi tetap beragam; sehingga menghindari “kebosanan”. download chapter
  • Rekayasa Proses untuk Nilai Tambah dan Keamanan Pangan – menuju Ketahanan Pangan Mandiri dan Berdaulat.   Rekayasa Proses untuk Nilai Tambah dan Keamanan Pangan. oleh Purwiyatno Hariyadi. Umumnya produk-produk pangan dan hasil pertanian, perikanan, peternakan dan usaha farming lainnya’ bersifat mudah rusak (perishable). Dalam hal ini, teknologi dan rekayasa proses pengolahan pangan mempunyai peran penting, karena dengan aplikasi yang tepat; maka produk yang mudah rusak tersebut bisa diolah menjadi aneka produk olahan yang aman, awet, layak dikonsumsi manusia, sehingga tidak akan terjadi kehilangan (losses) yang mubazir… 

download bukukuliah-inaugurasi

  • Book Chapter:  Industri Pangan dalam Menunjang Kedaulatan Pangan Oleh: Purwiyatno Hariyadi. ISBN: 978-979-493-397-8. Upaya peningkatan kedaulatan pangan perlu secara sadar, sistematis, dan terstruktur diupayakan, baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat, termasuk industri pangan. Hal ini bisa dimulai dengan upaya sosialisasi tentang pentingnya kedaulatan pangan, terutama tentang arti strategis kedaulatan pangan bagi bangsa. Artikel ini tidak akan membahas mengenai hal itu, tetapi akan menitikberatkan pada peranan industri pangan dalam menunjang kedaulatan pangan. more
  • Book Chapter: Pemanasan Global, Perdamaian, dan Kemandirian Pangan. Oleh: Purwiyatno Hariyadi.  ISBN: 978-979-709-609-9. Pemanasan Global, Perdamaian, dan Kemandirian Pangan merupakan judul dari salah satu chapter yang ditulis oleh Prof. Purwiyatno Hariyadi dalam buku “The Dancing Leader; Hening-Mengalir-Bertindak”. Pemanasan global erat berkait dengan kekeringan, banjir, dan naiknya permukaan laut. Berbagai skenario dicoba untuk dikembangkan dalam rangka mengantisipasi pemanasan global ini. Data dan angka-angkat menunjukkan bahwa pemanasan global berpengaruh pada menurunnya kemampuan dunia untuk memproduksi pangan bagi penduduknya… more
  • pangan-amanMemproduksi Pangan yang Aman. Oleh: Purwiyatno Hariyadi, Ratih Dewanti-Hariyadi. ISBN: 978-979-523-978-9.  Mutu dan kemanan pangan menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam proses produksi pangan. Semua hal penting berkaitan dengan memproduksi pangan yang sehat dibahas lengkap dengan bahasa ringan dalam buku ini. Buku ini bisa jadi pegangan para akademisi, peneliti, mahasiswa, pengusaha makanan, dan bahan pelatihan untuk pekerja atau pengawas pengolahan pangan di industri pangan.
  • Mewaspadai Jebakan Pangan di Indonesia. Oleh: Purwiyatno Hariyadi, Dahrul Syah, Nuri Andarwulan. ISBN: 979-95295-6-5. Jebakan pangan mengandung pengertian ketidak-mampuan sarana dan prasarana produksi pangan dalam negeri untuk bersaing dengan bahan pangan produksi import. Pada tahap awal hal ini ditandai dengan membanjirnya produk pangan import dengan harga yang murah (subsidi? promosi?). Hal ini mengakibatkan semakin tidak efisiennya sistim produksi pangan dalam negeri, dan lebih jauh akan menyebabkan tidak terpakainya sarana dan prasarana produksi selama beberapa masa siklus produksi. Download buku.
  • Prinsip Teknik Pangan.Oleh: Purwiyatno Hariyadi, Feri Kusnandar. ISBN: 978-979-011-351-0. Buku ini memberikan pengajaran tentang prinsip keteknikan (engineering) dalam proses pengolahan dan pengawetan pangan yang meliputi satuan dan dimensi, kesetimbangan massa, prinsip termodinamika dan kesetimbangan energi, aliran dan transportasi fluida, prinsip pindah panas tunak dan tak tunak, proses termal dan optimasi kecukupan proses termal, pendinginan dan pembekuan, psikrometrika, pengeringan, dehidrasi dan evaporasi.
  • Hariyadi, Purwiyatno and Hartari, Ariyanti (2014) Satuan Operasi Industri Pangan. In: Pembersihan, Sortasi, dan Grading. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-38. ISBN 9789790115446
  • Proceeding International Seminar Current Issues and Challenges in Food Safety. Oleh: Ratih Dewanti-Hariyadi, dkk. ISBN: 978-602-96665-3-3.  Prosiding ini memuat makalah-makalah yang disampaikan para pembicara pada “International Seminar Current Issues and Challenges in Food Safety: science-based approach for food safety management” di Jakarta pada tanggal 2-3 Desember 2009. (Rp. 100.000,-).
  • Rekonstruksi Kelembagaan Sosial Penanganan dan Pencegahan Rawan Pangan dan Gizi Buruk.  Oleh: Purwiyatno Hariyadi. ISBN: 979-98950-1-4.  Masalah kurang gizi, bahkan sampai gizi buruk, yang menimpa bayi dan balita tidak hanya akan menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit, kurang gesit, dan mungkin cacat, tetapi juga akan menyebabkan seseorang mempunyai kapasitas kecerdasan dan kemampuan belajar lebih rendah. Buku ini memuat hasil kajian dan pemikiran para ahli mengenai permasalahan di atas yang disampaikan pada Lokakarya II Penganekaragaman Pangan, tanggal 21 Nopember 2005 di Jakarta. (Rp. 40.000,-).
  • Panduan Pelaksanaan Usaha Makanan Jajanan yang Aman Oleh: SEAFAST & Dep. ITP IPB.   Sebagai bentuk kepedulian terhadap keamanan makanan jajanan, SEAFAST Center dan Departemen ITP menyusun Pedoman Pelaksanaan Usaha Makanan Jajanan dan Aman. Panduan ini berisi persyaratan yang selayaknya dipenuhi oleh pelaku usaha makanan jajanan dalam rangka penyediaan makanan yang aman. Panduan ini juga berisi petunjuk praktis mengenai cara melakukan sanitasi, memelihara higiene dan cara pengolahan makanan yang aman.
  • Upaya Peningkatan Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan Melalui Ilmu dan Teknologi. Oleh: Purwiyatno Hariyadi. ISBN: 978-979-16216-0-1.  Buku ini membahas berbagai hal yang berkaitan dengan aspek “keamanan, mutu dan gizi pangan” dan kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia dan -pada akhirnya- daya saing bangsa. Pembahasan dilakukan dari berbagai sudut pandan; sehingga diharapkan bisa memberikan gambaran yang lebih utuh dalam upaya perumusan kebijakan keamanan, mutu dan gizi pangan yang lebih baik. (Rp. 50.000,-).
  • Proceeding Investing in Food Quality, Safety and Nutrition. Oleh: Lilis Nuraida, dkk. ISBN: 978-979-16216-8-7. Prosiding ini memuat makalah-makalah yang disampaikan para pembicara pada “International Conference Investing in Food Quality, Safety & Nutrition: Lessons Learned from Current Food Crisis” di Jakarta pada tanggal 27-28 Oktober 2008. (Rp. 100.000,).
  • Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Jagung, Budidaya, Alsintan, Pasca Panen dan Teknologi Pengolahan. Oleh: Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fateta, IPB. ISBN: 979-95295-5-7. Buku ini berisi abstrak hasil-hasil penelitian mengenai jagung yang dilakukan di Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. (Rp. 25.000,-).
  • Kebijakan dan Keragaan Riset Diversifikasi Pangan Pokok di Indonesia. Oleh: Ratih Dewanti-Hariyadi, dkk.  ISBN: 979-3538-02-3.  Buku ini menyajikan review kebijakan dan riset ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam bidang diversifikasi pangan yang diperlukan bagi perancangan rumusan kebijakan iptek dan arah kegiatan riset dalam pengembangan diversifikasi pangan pokok. (Rp. 25.000,-).
  • Food Security: A Prerequisite of National Security. Oleh: Purwiyatno Hariyadi. ISBN: 978-979-16216-6-3. Buku ini merupakan prosiding seminar “Menuju Ketahanan Pangan yang Kokoh: Sebagai Buffer Krisis dan Fondasi Ketahanan Nasional, Jakarta, 9 Desember 2008. (Rp. 50.000,-).
  • Ketahanan Pangan sebagai Fondasi Ketahanan Nasional. Oleh: Purwiyatno Hariyadi, dkk. ISBN: 978-979-16216-5-6. Buku ini merupakan prosiding seminar “Menuju Ketahanan Pangan yang Kokoh: Sebagai Buffer Krisis dan Fondasi Ketahanan Nasional, Jakarta, 9 Desember 2008.
  • Pengembangan Bahan Tanaman Unggul Kelapa Sawit Indonesia. Oleh: Nuri Andarwulan, dkk.  ISBN: 979-96096-6-6. Buku ini merupakan prosiding hasil FGD Penyusunan Agenda Riset Penguatan Industri Hulu Kelapa Sawit: Pengembangan Bahan Tanaman Unggul Kelapa Sawit, tanggal 20 April 2006.
  • Menghentikan Peredaran Pangan Bermasalah di Pasar
  • Kajian Kebijakan dan Kumpulan Artikel Penelitian Biodiesel
  • Smart Eating: Nutritious And Delicious
  • Pertanian: Motor Penggerak Pembangunan Nasional.  …….  Presentation1Bisa diunduh DISINI
  • Dasar-dasar teori dan praktek proses termal
  • Wacana Tempe Indonesia
  • Antisipasi Penerapan Trade-Barrier Oleh Negara Maju pada Perdagangan Produk Minyak Sawit

Leave a Reply

Your email address will not be published.